Tips Cara Belajar Efektif Saat Pembelajaran Jarak Jauh

Selama pandemi Covid-19 yang sudah melanda Indonesia lebih dari sembilan bulan ini, pembelajaran jarak jauh (PJJ) diberlakukan di sebagian besar sekolah di kota-kota terdampak guna memastikan kegiatan belajar dan mengajar (KBM) tetap terlaksana dengan baik. Kegiatan belajar-mengajar selama pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan media virtual seperti Google Meet, Google Classroom, Zoom Meeting, WhatsApp, dan sebagainya. Tapi, apakah hal itu bisa dikatakan sebagai cara belajar efektif?

Tips Cara Belajar Efektif Saat Pembelajaran Jarak Jauh

Teman-teman pasti sudah merasakan suka dan dukanya pembelajaran jarak jauh atau belajar di rumah itu. Mulai dari sulit untuk fokus belajar, sinyal yang kadang terganggu, dan aneka masalah lainnya. Sehingga, muncul pertanyaan dalam benak kita, apakah pembelajaran jarak jauh itu cukup efektif? Dan bagaimana cara benar efektif agar bisa tetap fokus dan bisa menyerap pelajaran dengan baik meskipun tidak bertemu secara langsung dengan bapak atau ibu guru?

Oke, kita coba pahami dulu apa itu cara belajar dan apa itu belajar efektif. Cara belajar adalah cara yang dilakukan dengan sadar dan sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran. Sedangkan belajar efektif adalah kegiatan yang dilakukan guna memaksimalkan pencapaian dalam belajar. Jadi, belajar yang benar efektif adalah cara yang dapat kita lakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Mulai dari tujuan kognitif, afektif, maupun prikomotorik.

Nah, maka dari itu kita mesti menemukan cara belajar efektif untuk menghadapi pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini. Karena cara belajar efektif setiap orang bisa berbeda-beda bergantung kemampuan dan kapasitasnya. Maka dari itu, ada beberapa tips cara belajar efektif saat pembelajaran jarak jauh secara umum yang perlu kamu tahu. Siapa tahu saja, di antara tips-tips ini ada yang sesuai dengan kamu.

Tips belajar efektif yang pertama adalah memfokuskan diri saat pembelajaran dimulai. Pembelajaran yang dilakukan secara virtual membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. Karena berbagai distraksi bisa saja terjadi. Nah, jadi sebelum pembelajaran teman-teman bisa mengondisikan lingkungan rumah agar tercipta suasana belajar yang kondusif, tidak berisik dan nyaman.

Tips cara belajar efektif yang kedua yaitu rileks saat pembelajaran. Meskipun harus konsentrasi, tapi jangan sampai tegang ya. Karena di saat rileks kita akan lebih mudah menerima materi pembelajaran. Cara agar kita rileks juga bermacam-macam, salah satunya ya pilih tempat yang paling nyaman. Usahakan juga ada minuman atau camilan yang tersedia, jadi saat diperbolehkan makan, kamu bisa sambil makan dan belajar pun jadi lebih santai, bukan?

Tips belajar efektif yang ketiga adalah berperan aktif. Di antaranya, menyimak materi pembelajaran dengan baik, aktif menanggapi saat dipersilakan, dan bertanya saat ada yang tidak dipahami. Meskipun pembelajaran jarak jauh, jangan sampai lupa bahwa kamu adalah peserta aktif dalam kegiatan pembelajaran. Justru kesempatan itu mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengeksplorasi diri dan meningkatkan kemampuan menyampaikan pendapat.

Tips belajar efektif keempat yaitu memanfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya. Bila kamu ada waktu luang di luar kegiatan belajar sekolah, kamu bisa diskusikan lagi materi pembelajaran yang sudah diajarkan dengan temanmu. Selain menambah pemahaman terkait materi pembelajaran, kamu juga jadi terlatih untuk menyampaikan atau menyanggah pendapat orang lain.

Itulah tadi tips cara belajar efektif saat pembelajaran jarak jauh yang bisa kamu praktikkan. Intinya, belejar efektif itu kembali pada cara kita masing-masing dalam pelaksanannya. Yang penting sungguh-sungguh, yakinlah pasti hasilnya baik. Terakhir, semoga pandemi ini segera usai dan kita bisa kembali belajar sama-sama di sekolah ya. Sekian tips dari saya. Semoga bermanfaat.